Pinjaman Online Yang Aman

2 min read

apakah pinjaman online itu aman

Cara Pinjaman Online Yang Aman – Belakangan ini pinjaman online sangat gencar jadi perbincangan warga Indonesia khususnya.

Fintech lending atau pinjaman online adalah inovasi dalam bidang keuangan yang memanfaatkan teknologi yang memungkinkan memberi pinjaman dan menerima pinjaman dengan melakukan transaksi secara online atau tidak bertemu langsung.

Pinjam online belakangan ini lebih menjadi solusi  bagi masyarakat Indonesia  yang membutuhkan dana uang secara mendesak.

Selain prosesnya yang sangat mudah dan persyaratan yang anti ribet juga tidak membutuhkan barang untuk menjadi jaminan, serta sangat mudah proses pencairan dana dibandingkan melalui bank.

cara pinjaman online yang aman

Jadi tidaklah heran kalau  belakangan in banyak muncul platform  pinjaman online sangat diminati masyarakat. Tetapi juga tak sedikit masyarakat yang merasa takut untuk meminjam uang melalui aplikasi fintech tersebut.

Karena takutnya bernasib sama dengan dengan nasabah pinjaman online lainnya yang selalu mendapat terror rentenir penagih hutang seperti yang diberitakan belakangan ini.

Maka, teliti dan pahami terlebih dahulu sebelum menggunakan fintech pinjaman online agar hal yamg tidak di inginkan tersebut tidak terjadi kepada anda.

Perbedaan pinjam uang di bank dan di fintech pinjaman online sebagai berikut

Pinjaman Di Bank

apakah pinjaman online akulaku aman

Meminjam uang di bank biasanya wajib menggunakan berbagai macam persyaratan yang tentunya tidaklah mudah dan terbilang sangat rumit serta membutuhkan proses yang cukup lama.

Dan biasanya juga adanya survey ke alamat peminjam.

Pinjaman Fintech Online

apakah pinjaman online julo aman

Tentunya sangatlah berbeda antara pinjaman pada fintech online dengan pinjaman uang uang di bank atau penggadaian.

Yakni yang dibutuhkan hanyalah data diri yang sesuai dengan KTP dan juga mencantumkan alamat email dan akun media sosial anda.

Namun sebelum melakukan pengajuan pinjaman online alangkah baiknya anda melakukan riset terlebih dahulu.

Pastikan flatform pinjaman tersebut akurat dan terpecaya. Lihatlah terlebih dahulu apakah platform tersebut benar-benar terdaftar dan berizin resmi.

  • Namun dibalik semua kemudahan tersebut tentu ada konsekuesi yang harus ditanggung. Berikut Pinjaman Online Yang Aman
  1. Pinjaman Online Yang Aman Pilihlah Aplikasi Fintech Resmi

apakah pinjaman online adakami aman

Pilihlah fintech pinjaman online yang sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan atau disebut OJK.

Karena fintech yang resmi terdaftar di OJK  selalu mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku, mulai dari ketentuan bunga pinjaman, bahkan penagihannya.

  1. Pilih Yang Bunganya Rendah

Pilihlah fintech pinjaman online yang memiliki bunga kecil dibandingkan lainnya. Karena bunga yang rendah tidak terlalu membebani serta juga menguntungkan anda.

  1. Catat Jumlah Pinjaman

Jangan lupa untuk mencatat dan mengingat berapa jumlah pinjaman anda, agar anda bisa mempersipkan jumlah tagihan yang harus anda bayarkan setiap bulannya.

  1. Siapkan Uang Cicilan

Sisihkanlah sebagian uang gajian anda khusus untuk membayar cicilan pinjaman online. Agar anda terhindar dari tunggakan yang tentunya resikonya sangat besar.

  1. Jangan Membayar Lewat Jatuh Tempo

Untuk menghindari penagihan terus menerus yang tentunya membuat anda risih jang membayar cicilan lewat tanggal jatuh tempo.

  • Setelah mengetahui Cara Pinjaman Online Yang Aman diatas apabila anda ingin mengajukan pinjaman online sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu persyaratannya. Persyaratan utama sebagai berikut.

apakah pinjaman online kredivo aman

  1. Sudah Cukup Umur

Sebelum mengajukan pinjaman online syaratnya anda harus cukup umur. Biasanya batas usia untuk melakukan pinjaman online kisaran 21 tahun hingga 60 tahun.

Bagi pelajar yang sudah memiliki KTP tetapi usia belum mencapai 21 tahun pengajuan belum disetujui atau ditolak.

  1. Memiliki Pekerjaan

Selain harus cukup umur, syarat untuk mengajukan pinjaman online yaitu memiliki pekerjaan.

Karena mengingat dalam pinjaman online harus melakukan cicilan setiap bulan maka alangkah baiknya harus memiliki pekerjaan terlebih dahulu.

  1. Dokumen harus Lengkap dan Asli

Data dokumen yang dimintanpada pinjaman online biasanya KTP dan foto selfi. Foto KTP biasanya wajib disertakan sebagai bukti indentitas asli.

  1. Mengajukan Jumlah Pinjaman Sesuai Kemampuan Finansial

Sebelum melakukan pinjaman alangkah baiknya anda pastikan terlebih dahulu jumlah pinjaman yang sesuai dengan kemampuan financial anda.

Untuk menghindari denda serta konsekuensi apabila anda telat membayar cicilan.

  1. Mempunyai Rekening Bank

Syarat terakhir yaitu mempunyai rekening bank. Tujuannya untuk mempermudah proses pencairan dana dari pinjaman anda.

 

pinjaman online easy cash apakah aman

nahh itu tadi beberapa Pinjaman Online Yang Aman, disini dikatakan aman yakni tidak ada yang dirugikan dari kedua belah pihak atau bisa dikatakan sama-sama di untungkan.

dirugikan bukan melulu soal materiil tetapi termasuk data diri dari peminjam juga sama sama aman dan bersifat rahasia.

semoga kita semua dijauhkan dari pinjaman online yang kurang bertanggung jawab dan kita juga dijadikan peminjam yang amanah dengan membayar pinjaman tepat waktu sebelum jatuh tempo yang ditentukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *